Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Like us on Facebook

Blogroll

Mengembangkan Imajinasi Dan Kreatifitas Anak

Written By GOJEK #GolekRejeki on Sunday, February 5, 2017 | 7:25 PM

Mengembangkan Imajinasi Dan Kreatifitas Anak


Mengembangkan Imajinasi Dan Kreatifitas Anak
Anak yang cerdas cenderung identik dengan kepemilikan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Imajinasi dan kreatifitas sendiri secara umum mengandung arti kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang telah ada sebelumnya. Kemampuan kreatifitas ini dapat terwujud dalam berbagai macam bentuk. Mulai dari kreatifitas melukis atau menggambar, merangkai bentuk, memodifikasi mesin, merangkai pesawat mekanis, memadukan seni dan keindahan, rancang bangun arsitektur, seni mematung batu atau kayu, sampai pada mendaur-ulang barang bekas. Pada akhirnya berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memicu pengembangan pengertian dari kreatifitas itu sendiri. 

Kreatifitas yang semula hanya bermakna penciptaan seni dan bentuk ini mengalami penambahan sampai pada kreatifitas berpikir, mengkhayal, mencipta, gerak dan lagu, bahkan sampai pada seni dan budaya. Dari sanalah lahir karya-karya besar manusia seperti film-film animasi, penciptaan teknologi bercipta rasa tinggi, legenda-legenda tokoh dunia kartun, sampai pada desain arsitektur megah yang dikenang sepanjang masa. Semua itu berasal dari satu sumber yaitu perkembangan kreatifitas manusia. 

Kreatifitas merupakan salah satu daya cipta, rasa dan karsa manusia yang dapat diolah dan dikembangkan secara maksimal. Daya kreatifitas ini dapat diasah dan dikembangkan dalam diri manusia sejak mereka menginjak masa kanak-kanak. Hanya perlu perencanaan, pentahapan dan penerapan yang benar agar tidak salah arah. Untuk itulah buku ini ditulis dan disusun ulang agar dapat menjadi bekal pengetahuan dasar bagi orang tua dan guru. 

Buku ini berisi tentang pengetahuan dasar tentang imajinasi dan kreatifitas. Mulai dari penggolongan jenis, karakter, unsure, proses pembentukan, sampai pada perwuju dan kreatifitas manusia dalam dunia nyata. Dalam dunia pendidikan, proses pengembangan imajinasi dan kreatifitas anak menjadi elemen utama meningkatkan kecerdasan dan intelektual anak. Ia menjadi bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran itu sendiri. Untuk itu di dalam buku ini juga disajikan beberapa tips khusus mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak melalui beragam cara. Mulai dari model yang sederhana sampai pada pola dan model yang rumit. 

Penulis    : Jasa Ungguh Muliawan
Ukuran    : 14 x 21 cm
Tebal        : xiv + 164 hlm
ISBN        : 978-602-6948-18-2
Tahun        : 2016
Penerbit    : Gava Media
 

0 comments: