Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Like us on Facebook

Blogroll

Merpati Biru

Written By GOJEK #GolekRejeki on Tuesday, June 12, 2012 | 6:32 PM

 Merpati Biru


MERPATI BIRU, novel yang banyak mendapat tanggapan para Pembacanya ketika dijadikan cerita bersambung di salah satu media cetak nasional. Kemelut cinta, idealisme mahasiswa, dan gugatan terhadap sikap hipokrit masyarakat diramu secara indah, namun tidak terjebak pada gaya cerita pop. Gaya bahasa mahasiswa, terlihat kental. Greget kampus pun dihadirkan apa adanya. Mungkin karena latarbelakang penulis yang jurnalis, novel ini juga menghadirkan profil pers mahasiswa yang bisa bersikap kritis dan bijak.

Novel ini mengisahkan kehidupan mahasiswi yang ‘terjebak’ menjadi pelacur. Persoalan itu kemudian mencuat menjadi perbincangan dan perdebatan di kampus. Dunia mahasiswa yang penuh idealisme, seakan terusik dan tercoreng. Novel ini sekaligus menghadirkan ‘gugatan’ atau pertanyaan, apakah kampus memang demikian sakral, hingga tidak bisa menerima fakta sosial yang ada di lingkungannya sendiri. Ataukah kampus bisa secara jernih membedakan antara sebuah institusi pendidikan, dengan perilaku orang-orang yang ada di dalamnya.
Penulis ingin menghadirkan sebuah fakta yang terlupakan. Mahasiswa, dosen dan rektor, petani maupun menteri, pejabat ataupun rakyat, apapun profesi, status sosial dan agamanya, semua itu adalah manusia. Pada diri manusia tersimpan potensi kejahatan dan kebaikan, positip dan negatip, bermoral dan a-moral.

Penerbit : Mara Pustaka
Penulis : Achmad Munif

0 comments: