Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Like us on Facebook

Blogroll

Teks Otoritas Kebenaran

Written By GOJEK #GolekRejeki on Sunday, June 10, 2012 | 6:41 PM

Teks Otoritas Kebenaran 


Buku ini berusaha memberikan gambaran lebih terkait hermeneutika al-Qur'an. Dan, bahwasanya teks bukanlah satu-satunya medium yang memiliki otoritas untuk memperoleh kebenaran.
Al-Qur’an bisa didekati dari dua sisi: teologis dan linguistik. Secara teologis, Al-Qur’an adalah kalam Tuhan yang bersifat absolut, yang kebenarannya tak terbantahkan dalam setiap ruang dan waktu. Sedangkan secara linguistik, Al-Qur’an adalah fakta materiil yang berupa rangkaian huruf-huruf yang berbentuk tulisan. Pada yang pertama, makna Al-Qur’an telah ditetapkan secara apriori terhadap ujaran atau kalam Tuhan, sedangkan pada yang kedua diperoleh melalui mekanisme linguistik. 
Yang pertama cenderung mengulang-ulang apa yang sudah ada, sementara yang kedua cenderung mencari kemungkinan lain sesuai dengan mekanisme hubungan teks dengan di luar teks. Inilah pertarungan pemaknaan yang mendominasi khazanah keilmuan Islam hingga saat ini.Al-Qur’an bisa didekati dari dua sisi: teologis dan linguistik. 
 Secara teologis, Al-Qur’an adalah kalam Tuhan yang bersifat absolut, yang kebenarannya tak terbantahkan dalam setiap ruang dan waktu. Sedangkan secara linguistik, Al-Qur’an adalah fakta materiil yang berupa rangkaian huruf-huruf yang berbentuk tulisan. Pada yang pertama, makna Al-Qur’an telah ditetapkan secara apriori terhadap ujaran atau kalam Tuhan, sedangkan pada yang kedua diperoleh melalui mekanisme linguistik. Yang pertama cenderung mengulang-ulang apa yang sudah ada, sementara yang kedua cenderung mencari kemungkinan lain sesuai dengan mekanisme hubungan teks dengan di luar teks. Inilah pertarungan pemaknaan yang mendominasi khazanah keilmuan Islam hingga saat ini.

0 comments: